• 082235607110
Kunjungan Kerja
Buka Pelatihan KPSPAMS Tahun 2019, Bupati Manggarai: Membangun Tidak Semudah Membalikan Telapak Tangan

Buka Pelatihan KPSPAMS Tahun 2019, Bupati Manggarai: Membangun Tidak Semudah Membalikan Telapak Tangan

Hasil yang diharapkan dari pelatihan KPSPAMS ini adalah tersedianya pengurus KPSPAMS yang mampu dan terampil dalam melaksanakan tugas dan fungsinya sesuai kebutuhan dan harapan program, khususnya dalam mengoperasikan dan memelihara sarana sistem penyediaan air minum dan sanitasi terbangun (Ketua Panitia, Yohanis Lamba Loy, S.T.)

Bupati Manggarai, Dr. Deno Kamelus, SH. MH., hadir dalam acara pembukaan pelatihan Kelompok Pengelola Sistem Penyediaan Ais Minum dan Sanitasi (KPSPAMS) Desa yang diadakan di Aula Hotel Dahlia, Pitak, Manggarai pada Selasa (22/10/2019). Dalam sambutannya  Bupati Deno menyampaikan bahwa proses pembangunan untuk akses air bersih dilakukan secara tahap demi tahap dengan perencanaan yang matang dan tidak mudah.

“Tidak semudah membalikan telapak tangan,” kata Bupati.

Ia menyampaikan bahwa saat ini akses air minum bersih di Manggarai sudah cukup baik. Khusus kota Ruteng akses sanitasi kurang lebih sudah mencapai  97 persen, sementara untuk Desa saat kira-kira mencapai 62 persen. Pencapaian ini berkat kerja kolaboratif PDAM dengan KPSPAMS Desa, jelasnya.

“Semua sektor yang kita bangun, kita kerjakan secara sungguh-sungguh kemudian kita berjalan bersama-sama. Secara bertahap untuk mencapai tujuan,” tukas Bupati Deno.

Kegiatan pelatihan ini dilaksanakan dalam waktu tiga hari, dimulai pada tanggal 22 Oktober sampai 24 Oktober 2019. Terdapat 128 peserta yang diundang untuk mengikuti pelatihan itu. Ketua Panitia Yohanis Lamba Loy, ST., menyampaikan bahwa pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas pengurus KPSPAMS Desa, khususnya dalam mengelola sistem penyediaan sanitasi yang sudah terbangun agar berkelanjutan.

Hasil yang diharapkan dari pelatihan KPSPAMS ini adalah tersedianya pengurus KPSPAMS yang mampu dan terampil dalam melaksanakan tugas dan fungsinya sesuai kebutuhan dan harapan program, khususnya dalam mengoperasikan dan memelihara sarana sistem penyediaan air minum dan sanitasi terbangun,” tambahnya.

Turut hadir dalam kegiatan itu, Direktur PDAM Tirta Komodo Manggarai Klemens Man, Kepala BP4 Manggarai Adrianus A. Empang, Staf Ahli Bupati Marsel Gambang, jajaran Pamsimas, dan para peserta pelatihan. (YJ)

Tim Humaspro Manggarai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *