Buka Piala Bupati 1 Taekwondo, Bupati Deno Ajak Orangtua Dorong Anak dalam Olahraga

Jelasnya, melalui ajang bela diri ini orang belajar sportivitas, sehingga bisa memaklumi situasi kalah dan menang akibat sebuah kompetisi. Selain itu, dirinya mengatakan, dengan sering berolahraga orang juga belajar disiplin.

Bupati Manggarai Dr. Deno Kamelus, S.H., M.H. menghadiri pergelaran kejuaraan Taekwondo bertempat di GOR Dinas Pendidikan dalam rangka memperebutkan piala Bupati Manggarai 1 pada Sabtu (28/12). Ajang bela diri tersebut berlangsung dari tanggal 27-29 Desember 2019.

Bupati Manggarai pada kesempatannya menyampaikan pentingnya olahraga tidak hanya bagi kualitas kesehatan jasmani pelakunya, tetapi juga bagi perkembangan pribadinya. Karena itu ia menyarankan para orang tua di Manggarai untuk mendorong anaknya terlibat dalam kegiatan olahraga, dalam hal ini taekwondo.

“Orang olahraga itu pasti sehat. Kalau orang tidak olahraga maka masa disabilitas lebih cepat. Olahraga merupakan cara untuk memperpanjang usia dan memperkecil masa disabilitas,” jelas Bupati.

Masa disabiltas yang dimaksudkan oleh Bupati Deno adalah kecenderungan individu di usia dewasa akhir dan manula awal tidak dapat lagi melakukan aktivitas sosial karena menurunnya vitalitas fisik dan mental akibat kurang berolahraga. Ia mencontohkan salah satu sakit yang sering dialami manusia pada masa ini adalah stroke.

Lebih lanjut ia mengatakan: “Olahraga itu membantu meningkatkan kualitas pribadi kamu. (Juga) kualitas relasi pribadi.”

Jelasnya, melalui ajang bela diri ini orang belajar sportivitas, sehingga bisa memaklumi situasi kalah dan menang akibat sebuah kompetisi. Selain itu, dirinya mengatakan, dengan sering berolahraga orang juga belajar disiplin.

“Saya yakin sekali dengan mengikuti olahraga ini, mereka akan menjadi pribadi yang berkualitas,” kata Bupati Deno.

Kepada para atlet, dirinya mendorong agar dapat meningkatkan prestasinya, “ikuti kaidah-kaidah yang ada dalam taekwondo, niscaya anak-anakku sekalian kalian akan menjadi pribadi yang berkualitas. Oleh karena itu, berprestasilah! Akan terbuka jalan sampai tingkat nasional, bahkan bisa sampai ke mancanegara.”

Baca Juga:

Dalam kesempatan lain, ketua panitia kejuaraan Taekwondo, Paul Peos mengucapkan terima kasih kepada pemerintah karena telah menunjukan perhatiannya terhadap olahraga taekwondo melalui ajang ini.

“Dana terbesar dari APBD Kabupaten Manggarai. Kami mengucapkan terima kasih kepada Bupati Manggarai karena sudah mengucurkan dana untuk membuat Manggarai tetap lestari Taekwondonya,” tutur Paul.

Dirinya menambahkan tujuan dari terselenggaranya kejuaraan ini adalah untuk menemukan bibit-bibit muda potensial untuk bisa ikut dalam kejuaraan yang lebih tinggi. Selain itu, ia percaya bahwa olahraga merupakan salah satu sarana untuk memupuk kebersamaan dan menyatukan perbedaan.

Untuk memaksimalkan pencapaian prestasi dalam cabang olahraga Taekwondo dan olahraga indoor lainnya, Bupati Deno menegaskan akan mengambil kebijakan supaya sarana dan prasarana yang menunjang kesuksesan olahraga bisa dikelola dengan baik.

Oleh karena itu, sebagai langkah awal dirinya mengatakan akan bekerjasama dengan pihak ketiga sebagai pengelola GOR tempat terlaksananya kejuaraan ini.

“GOR ini akan diserahkan untuk dikelola oleh pihak swasta,” tegasnya.

“Saya dukung setiap cabang olahraga di Kabupaten Manggarai ini,” tambah Bupati.

Dalam kejuaraan itu, hadir juga Bapak Raphael J. Rosok, salah satu olahragawan Taekwondo yang sudah mengharumkan nama Manggarai.

Kejuaraan ini sendiri diikuti oleh 350 atlet yang berasal dari 17 dojang di Manggarai. (YJ)

Tim Humaspro Manggarai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *