sesama adalah penyalur berkat

Bupati Deno Kamelus: Sesama Adalah Penyalur Berkat

Melalui perayaan hari ini kita disadarkan bahwa orang lain adalah penyalur berkat bagi kita.

Bupati Manggarai DR. Deno Kamelus, S.H., M.H. mengatakan sesama saudara adalah penyalur berkat bagi kita. Karena itu kita diharapkan agar menanamkan nilai cinta kasih kepada sesama baik itu melalui keluarga, sekolah, maupun dalam lingkungan masyarakat.

Hal itu disampaikannya saat bersama Wakil Bupati Manggarai, Drs. Victor Madur, dan sejumlah Pimpinan Perangkat Daerah Kabupaten Manggarai hadir dalam syukuran Tahbisan Imam Baru Pater Rupertus Herpin Hormat, OFM, di pelataran kampung Mendo, Desa Golo Mendo, Kecamatan Wae Ri’i, Kabupaten Manggarai pada hari ini, Minggu, 21 Juli 2019.

“Imam baru telah mengingatkan kita bahwa Tuhan telah berkarya dan terus berkarya dalam diri Imam baru dan kita semua. Melalui perayaan hari ini kita disadarkan bahwa orang lain adalah penyalur berkat bagi kita. Sebagai pemerintah juga demikian. Karena itu profisiat bagi Keuskupan Ruteng karena Keuskupan ini menjadi penyalur berkat bagi orang lain di dunia ini melalui imam-imam yang telah ditahbiskan dan diutus,” tuturnya.

Lebih lanjut, dirinya atas nama Pemerintah dan seluruh masyarakat Manggarai menyampaikan rasa bangganya kepada Keuskupan Ruteng, kepada Ordo Fransiskan dan juga kepada keluarga Mendo yang telah mendukung bagi putra terbaik, Pater Rupertus, OFM, dari Mendo ini untuk ditabiskan menjadi imam Katolik.

Pater Rupertus ditahbiskan menjadi Imam tanggal 17 Juli 2019 lalu di Paroki St. Fransiskus Asisi Karot Kecamatan Langke Rembong – Manggarai dalam kongregasi Ordo Fratrum Minorum atau OFM.

Dengan Moto Tahbisan Imamatnya, “Tuhan adalah Gembalaku” (Mzm, 23:1), Pater Rupertus, OFM dalam sambutan singkatnya menjelaskan bahwa Tuhan selalu menuntunnya dalam banyak pengalaman. Pengalaman tersebut berupa kebiasan-kebiasaan yang ditanamkannya sejak dari keluarga, seperti kebiasaan berdoa di keluarga dan juga dalam pertemuan dengan para pastor.

“Kebiasaan itulah yang saya renungkan dalam panggilan saya menjadi imam. Sejak kecil saya punya keinginan untuk menjadi imam. Dari pengalaman itulah saya percaya bahwa Tuhan menuntun saya untuk membuka jalan. Tuhan selalu menunjukan jalan ketika saya mengalami kebuntuan, memberi jalan melalui saudara-saudari di sekitar saya,” paparnya.

Sebagaimana diketahui bahwa Pater Rupertus, OFM ini adalah Imam ke-9 dari paroki Timung, Kecamatan Wae Ri’i. Dalam perayaan syukuran ini tampak umat sangat antusias. Hal itu terlihat dari semaraknya acara dan kehadiran umat yang memadati tempat acara di halaman Rumah Gendang Mendo. (*)

Tim Humaspro Manggarai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *