bupati manggarai: pertanian dan hortikultura tetap jadi prioritas

Bupati Manggarai: Sektor Pertanian dan Hortikultura Tetap Jadi Prioritas

Bupati Manggarai, Dr. Deno Kamelus, S.H., M.H. mengatakan, sektor pertanian dan hortikultura menjadi prioritas Pemerintah Kabupaten Manggarai dalam tiga tahun terakhir ini. Sektor ini menjadi andalan karena memberikan kontribusi yang signifikan bagi peningkatan pendapatan petani, serta menjadi bagian dari upaya mendukung pengembangan pariwisata di Labuan Bajo, Manggarai Barat.

Bupati Deno Kamelus menyampaikan hal tersebut saat mendampingi Gubernur Nusa Tenggara Timur, Victor Bungtilu Laiskodat yang berkunjung ke lokasi pengembangan hortikultura di Demplot Ketahanan Pangan dan Hortikultura Kodim 1612 Manggarai di lokasi Bandar Udara Frans Sales Lega Ruteng, Kelurahan Satar Tacik, Kabupaten Manggarai pada haru Jumat, 14 Juni 2019 lalu.

“Mengapa ini menjadi prioritas karena kontribusi terbesar PDRB daerah ini adalah dari sektor pertanian dan hortikultura. Selain itu, serapan tenaga kerja juga tinggi. Dengan digenjotnya sektor ini maka meningkatnya pendapatan petani hortikultura. Tentu juga dalam rangka pengembangan pariwisata, kita mengambil bagian menyiapkan hortikultura dan mensuplai kebutuhan,” jelasnya yang juga berharap agar adanya program ini membawa perubahan pada cara berpikir para petani dan kultur pertanian di Manggarai.

Dalam kaitannya dengan pemafaatan lahan tidur yang ada di kawasan BandaraFrans Sales Lega tersebut, Bupati Deno Kamelus berharap agar kegiatan yang dilakukan bersama Kodim 1612 Manggarai dapat dijadikan sebagai kebun percontohan bagi para petani yang ada di Manggarai.

“Di belakang (lokasi pengembangan hortikultura) ini ada dua sumber air. Sepanjang tahun tidak pernah mati dan kita berdayakan. Dan inilah hasilnya sekarang. Dan ini akan menjadi tempat pembelajaran bagi para petani saya. Tidak perlu jauh-jauh mereka belajar, dari mengolah lahan, pemupukan, penyiraman sampai pemasaran,” tuturnya.

Sementara itu, Dandim 1612 Manggarai, Letkol Rudi Markiano Simangungsong dalam kesempatan yang sama menjelaskan, pemanfaatan lahan ini adalah untuk mendukung program dari Pemerintah Daerah. “Kita men-support pemerintah daerah. Saya punya recources, sumber daya punya, manusia punya. Ini yang kita tangkap, kita sinkron, dan tujuan utama kita mengedukasi orang, menginspirasi orang,” jelasnya.

Selain itu, menurutnya pemanfaatan lahan ini bertujuan untuk memberikan contoh kepada masyarakat. Dengan dimanfaatkannya lahan tersebut, diharapkan agar masyarakat bisa dibangun kesadarannya untuk mengoptimalisasi segenap potensi yang ada.

Pada kesempatan yang sama, Gubernur Provinsi Nusa Tenggara Timur, Victor Bungtilu Laiskodat, menyampaikan apresiasinya atas kerja Pemerintah Kabupaten Manggarai dalam menyukseskan program pengembangan hortikulutra ini. Menurutnya, pengembangan areal yang ditanami dengan berbagai jenis sayuran pada lokasi tersebut menandakan pemimpin daerah ini tidak tidur. “Lahan itu tidak mati. Hanya manusianya mati. Namun dengan kegiatan seperti ini menandakan pemimpinnya tidak tidur,” ujar Gubernur Laiskodat.

Peninjauan lokasi pengembangan hortikultura ini kemudian dilanjutkan dengan pelaksanaan panen buah tomat secara simbolis oleh Gubernur NTT, didampingi oleh Bupati Manggarai Dr. Deno Kamelus SH.MH. Turut menyaksikan dalam kesempatan itu Wakil Bupati Manggarai Timur Stefanus Jagur, Dandim 1612 Manggarai Letkol Rudi Markiano Simangungsong, Penjabat Sekda Manggarai Anglus Angkat, dan Kepala Bandara Frans Sales Lega Ruteng, Ahmad.

(Tim Humaspro Manggarai)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *