Peringatan Hardiknas di Kabupaten Manggarai Berlangsung Meriah

Ruteng, 3 Mei 2019. Upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tahun 2019 tingkat Kabupaten Manggarai, dilaksanakan di Lapangan Motang Rua Ruteng, hari Kamis (2/5) kemarin. Bupati Manggarai Dr. Deno Kamelus, S.H., M.H bertindak selaku pemimpin upacara, dan pada kesempatan tersebut membacakan Pidato Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Muhadjir Effendy. Dalam pidato tersebut, Mendikbud menyampaikan perjalanan pembangunan bangsa di bidang pendidikan, sebagai usaha menerjemahkan arah kebijakan Presiden RI Joko Widodo yakni membangun dari pinggiran. “Dalam rangka menerjemahkan kebijakan tersebut, di sektor pendidikan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) telah memberi perhatian khusus untuk pendidikan di wilayah terluar, terdepan, dan tertinggal. Bahkan, Kemendikbud memberi perhatian khusus pada pendidikan anak-anak Indonesia yang berada di luar batas negara, seperti anak-anak keturunan Indonesia yang berada di Sabah dan Serawak, negara bagian Malaysia,” demikian Muhadjir Effendy sebagaimana dibacakan Bupati Manggarai di hadapan insan pendidikan Manggarai yang hadir dalam upacara tersebut.

Untuk diketahui, tema Hardiknas tahun ini adalah “Menguatkan Pendidikan, Memajukan Kebudayaan”. Tema tersebut mencerminkan pesan penting Ki Hajar Dewantara terkait hubungan erat pendidikan dan kebudayaan dalam menciptakan ekosistem pendidikan yang sarat nilai dan pengalaman kebudayaan, guna membingkai hadirnya sumberdaya-sumberdaya manusia yang berkualitas, demi terwujudnya Indonesia yang berkemajuan. Dalam pidatonya, Mendikbud berharap agar seluruh insan pendidikan mengonsentrasikan segenap potensi pendidikan nasional yang menitikberatkan pembangunan sumberdaya manusia yang dilandasi karakter yang kuat, ketrampilan, dan kecakapan yang tinggi, sehingga mampu menjawab tantangan perkembangan zaman yang semakin kompetitif. Hal ini berhubungan erat dengan era Revolusi Industri 4.0.Peringatan Hardiknas tingkat Kabupaten Manggarai sendiri, diwarnai berbagai atraksi seni budaya usai upacara bendera. Selain penampilan tari dan lagu dari para pelajar mulai tingkat TKK hingga sekolah menengah, Betrand Peto, pelajar SMPN 1 Ruteng – Cancar–yang video nyanyiannya viral di media sosial beberapa waktu lalu dan membuatnya tampil di televisi nasional–juga berkesempatan tampil dan menghibur masyarakat yang hadir di Lapangan Motang Rua, Ruteng.Penampilan Betrand yang membawakan dua lagu tersebut, serta atraksi seni budaya dari TKK, SD, SMP, dan SMA/SMK disambut meriah oleh masyarakat kota Ruteng dan sekitarnya yang dengan setia mengikuti seluruh rangkaian acara tersebut.

Bupati Manggarai bersama Betrand Peto; kembangkan talenta dengan memanfaatkan kemajuan teknologi informasi yang berkembang pesat | Foto: Humaspro Manggarai

Pada kesempatan yang sama, sejumlah insan pendidikan, baik pelajar, guru, dan kepala sekolah juga mendapat anugerah penghargaan atas prestasi mereka di dunia pendidikan. Betrand sendiri, yang kini duduk di kelas satu SMP, akan mendapatkan beasiswa dari Pemerintah Kabupaten Manggarai untuk pendidikan tingkat SMA-nya nanti. “Untuk SMA nanti, Betrand dapat beasiswa dari Pemkab Manggarai. Boleh pilih sekolah di mana saja di Ruteng, dan akan dapat beasiswa,” tutur Bupati Manggarai Dr. Deno Kamelus, S.H., M.H. usai penampilan Betrand. Unsur Forkopimda Kabupaten Manggarai, sejumlah organisasi wanita, tokoh pendidikan dan undangan lainnya tampak hadir dan berbagi sukacita bersama insan pendidikan di Kabupaten Manggarai. Pada kesempatan tersebut, Bupati Manggarai Deno Kamelus mengingatkan para pelajar tentang pentingnya mengasah bakat atau talenta dengan sebaik-baiknya, serta memanfaatkan kemajuan teknologi komunikasi untuk meningkatkan kualitas diri. (Tim Humaspro Manggarai)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *