Hadir dalam Acara Puncak Hari Pangan Sedunia, Ini 3 Hal yang Disampaikan Bupati Manggarai

Dirinya menjelaskan dalam rangka merealisasikan distribusi pangan, perlu ada infrastruktur yang menunjang. Untuk itu Bupati Manggarai menargetkan bahwa pada tahun 2020 di Manggarai, paling sedikit pemeliharaan jalan dialokasikan sepanjang 120 kilometer.

Bupati Manggarai Dr. Deno Kamelus, SH. MH., menghadiri acara puncak peringatan Hari Pangan Sedunia yang dilaksanakan di Iteng, Kecamatan Satar Mese pada Sabtu, 12 Oktober 2019.

Dalam sambutannya hari itu, ada tiga hal penting yang disampaikan oleh Bupati Manggarai berkaitan dengan perayaan Hari Pangan Sedunia (HPS).

Pertama, berkaitan dengan ketersediaan pangan. Bupati menegaskan bahwa seiring dengan pertambahan penduduk, maka produksi pangan pun harus bisa meningkat untuk dapat menjawab kebutuhan masyarakat.

Sejauh ini, kata Bupati Deno berdasarkan data yang ada stok produksi masih cukup untuk memenuhi kebutuhan. Begitu pun, jumlah sumber daya manusia yang menghasilkan pangan.

Pesan Bupati Deno untuk masyarakat, mengingat kurangnya minat para pemuda adalah supaya dapat mendorong kontribusi anak muda dalam mengelola produksi sektor pangan ini.

Kedua, berkaitan dengan distribusi dan aksesibilitas pangan. Bupati Deno menyampaikan bahwa produksi pangan harus dapat dirasakan oleh masyarakat yang berada di Kecamatan lain.

Dirinya menjelaskan dalam rangka merealisasikan distribusi pangan, perlu ada infrastruktur yang menunjang. Untuk itu Bupati Manggarai menargetkan bahwa pada tahun 2020 di Manggarai, paling sedikit pemeliharaan jalan dialokasikan sepanjang 120 kilometer.

Hal ketiga yang disampaikan oleh Bupati Manggarai berkaitan dengan penyelenggaraan Hari Pangan Sedunia adalah berkaitan dengan pola makan. Mengingat tema HPS tahun 2019 ini adalah “Tindakan Kita Masa Depan Kita, Diet Sehat”

“Boleh kita punya banyak ketersediaan pangan, boleh kita punya akses bagus tapi kita tidak atur berkaitan dengan pola makan ini maka itu juga menjadi hal yang buruk bagi kita,” ujarnya.

Dalam bagian ini Bupati Manggarai menjelaskan bahwa tubuh manusia membutuhkan unsur makanan bukan hanya jumlah makanan.

Oleh karena itu, dirinya berpesan supaya masyarakat dapat memperhatikan keseimbangan gizi saat mengkonsumsi makanan.

Setelah menghadiri HPS 2019, Bupati Manggarai Dr. Deno Kamelus, SH. MH., mengunjungi kelompok tani Simantri di Iteng.

Setelah selesai mengikuti acara puncak HPS, Bupati meninjau kebun pengembangan hortikultura milik kelompok tani Simantri di Iteng. Bupati memberikan apresiasi kepada petani setempat yang berhasil mengembangkan komoditas-komoditas unggulan di sana. (YJ)

Tim HumasPro Manggarai

One thought on “Hadir dalam Acara Puncak Hari Pangan Sedunia, Ini 3 Hal yang Disampaikan Bupati Manggarai

  1. Saya sbg anak muda sangat mendukung dengan program trsebut
    Saya juga brharap agar pemerintah tida berhenti ditengah jalan, barangkali bisa juga untuk memberikan ilmu bagi ende ema yg dikampung2 cara merawat tanaman dengan teknik masa kini..baik dibidang perkebunan juga bidang peternakan.seperti unggas dan ruminansia. Dengan begitu maka kebutuhan dan pola hidu sehat tersebut akan tercapa. …salam hangat dari saya ..dari tanh papua

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *