• 082235607110
Kunjungan Kerja
Hadir dalam Wisuda Perdana STIE Karya Ruteng, Bupati Manggarai: Menjadi Lulusan yang Adaptif atau Kreatif

Hadir dalam Wisuda Perdana STIE Karya Ruteng, Bupati Manggarai: Menjadi Lulusan yang Adaptif atau Kreatif

Hal ini dilatarbelakangi oleh jumlah angkatan kerja sarjana yang begitu banyak namun tidak diikuti oleh penyerapan tenaga kerja yang memadai. Penyerapan tenaga kerja cenderung lebih banyak terjadi pada angkatan kerja non-sarjana. Ia menambahkan, hal ini berarti penyerapan tenaga kerja lebih banyak berasal dari sektor non-formal.

Bupati Manggarai, Dr. Deno Kamelus, S.H., M.H. hadir dalam pelaksanaan wisuda perdana Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Karya (STIE Karya) yang dilaksanakan di Ball Room Hotel Revayah, Carep, Manggarai pada Kamis (17/10).

Dalam sambutannya siang itu, Bupati Deno menyampaikan pesan kepada para wisudawan/i dalam menyongsong dunia kerja agar dapat menjadi pribadi-pribadi kreatif yang dapat menciptakan lapangan kerja berdasarkan pengalaman-pengalaman belajarnya. Selain itu, dirinya juga berpesan supaya para lulusan ini mampu bersikap adaptif dengan lingkungan barunya kelak.

Jelasnya, hal ini dilatarbelakangi oleh jumlah angkatan kerja sarjana yang begitu banyak namun tidak diikuti oleh penyerapan tenaga kerja yang memadai. Penyerapan tenaga kerja cenderung lebih banyak terjadi pada angkatan kerja non-sarjana. Ia menambahkan, hal ini berarti penyerapan tenaga kerja lebih banyak berasal dari sektor non-formal.

Ketua STIE Karya Ruteng, Risaldo Madur, SE. MM., juga sebelumnya juga menyampaikan hal serupa. Ia mengatakan, bila belum dapat memeroleh pekerjaan yang belum sesuai dengan bidang studi, maka para lulusan mesti jeli melihat peluang lain, misalnya wiraswasta.

“Kerjakan hal yang dapat menghasilkan,” tambahnya.

Untuk diketahui, pada wisuda perdananya STIE Karya Ruteng mencetak 38 wisudawan/i. Di mana 16 orang diantaranya berasal dari Program Studi Manajemen, sementara 22 orang berasal dari Program Studi Akuntansi. (YJ)

Tim Humaspro Manggarai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *