• 082235607110
Umum
Wabup Victor Madur Pimpin Peringatan HUT Otonomi Daerah Tingkat Kabupaten Manggarai

Wabup Victor Madur Pimpin Peringatan HUT Otonomi Daerah Tingkat Kabupaten Manggarai

Ruteng, 25 April 2019. Wakil Bupati Manggarai, Drs. Victor Madur menjadi Inspektur Upacara pada peringatan Hari Ulang Tahun Otonomi Daerah ke-23 tingkat Kabupaten Manggarai. Upacara tersebut dilaksanakan di depan kantor Bupati Manggarai pada hari ini Kamis, 25 April 2019. Hadir pada upacara ini, para Pimpinan Perangkat Daerah, para ASN dan 222 CPNS Kabupaten Manggarai Formasi Umum Tahun 2018 yang baru saja menerima SK CPNS pada hari Rabu (24/4) kemarin.Upacara berlangsung hikmat, diawali dengan mengheningkan cipta bagi para peletak dasar Otonomi Daerah yang telah meninggal dunia, yang telah berperan besar dalam proses awal yang kemudian melahirkan Undang-Undang Otonomi Daerah No. 32 tahun 2004. Sebagaimana diketahui bahwa Undang-Undang ini mengatur hak, wewenang, dan kewajiban untuk mengatur dan mengurus sendiri urusan pemerintahan dan kepentingan masyarakat setempat sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

Wabup Victor Madur membacakan Amanat Menteri Dalam Negeri | Foto: Humaspro Manggarai

Dalam beberapa tahun terakhir ini, Kabupaten Manggarai telah secara rutin menggelar upacara peringatan Hari Otonomi Daerah. Tema peringatan Otonomi Daerah tahun 2019 ini adalah “Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia Indonesia Yang Lebih Baik Melalui Penyelenggaraan Otonomi Daerah yang Kreatif dan Inovatif”. Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo dalam amanat yang dibacakan oleh Wakil Bupati Manggarai menjelaskan bahwa perjalanan otonomi daerah pasca-reformasi hingga sekarang dapat dikatakan banyak kemajuan yang telah dicapai; “Otonomi daerah telah memberikan solusi untuk mendorong kemajuan pembangunan daerah, dimana masyarakat didorong dan diberi kesempatan yang luas untuk mengembangkan kreativitas dan inovasinya.”Menurut Tjahjo, muara dari pelaksanaan otonomi daerah adalah terwujudnya kesejahteraan masyarakat melalui peningkatan pelayanan, serta partisipasi aktif masyarakat. Selain itu, otonomi daerah diharapkan mampu meningkatkan daya saing daerah dengan memperhatikan prinsip demokrasi, pemerataan, keadilan, keistimewaan, kekhususan serta potensi keanekaragaman daerah. Mendagri Tjahjo Kumolo juga mengajak seluruh peserta upacara untuk menjalankan tiga hal penting, sebagai berikut:Pertama, mengawal otonomi daerah agar selalu diisi dengan kegiatan-kegiatan dalam peningkatan kinerja penyelenggaraan pemerintahan daerah yang berorientasi pada pelayanan masyarakat guna mewujudkan kesejahteraan rakyat dan peningkatan sumber daya manusia melalui kegiatan yang kreatif dan inovatif.Kedua, mendorong munculnya kemandirian yang digerakkan oleh krativitas dan inovasi daerah dalam mengotimalkan berbagai potensi sumber daya yang ada, baik sumber daya manusia maupun sumber daya alam yang secara signifikan akan mendukung dan memperkokoh pembangunan nasional dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia.Ketiga, meningkatkan kinerja penyelenggaraan pemerintah melalui keserasian hubungan pemerintah pusat dengan pemerintah daerah, keserasian hubungan pemerintah daerah dangan DPRD dan masyarakat, sehingga tercipta tata kelola hubungan pemerintahan yang sinergis.

Sebagian peserta upacara: CPNS Kabupaten Manggarai TA 2018 | Foto: Humaspro Manggarai

Sementara itu, Wakil Bupati Manggarai pada kesempatan tersebut menegaskan pentingnya peran ASN dalam mewujudkan visi dan misi Kabupaten Manggarai melalui inovasi dan kreasi. “Kepada para ASN dan para CPNS yang mengambil bagian dalam upacara pada hari ini, saya berharap agar kehadiran saudara-saudara di wilayah ini menjadi bagian dari mewujudkan visi dan misi Kabupaten Manggarai. Karena itu dalam pelaksanaan tugas harian anda, maka perlu meningkatkan semangat inovasi dan kreativitas,” tutup Wabup Victor Madur. (Tim Humaspro Manggarai)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *