Jadi Pemateri Seminar Pendidikan, Bupati Deno Ajak Para Guru untuk Paham Teknologi

Bupati membahas tantangan yang dihadapi Guru dalam mendidik ‘tunas bangsa’ di era modern ini. Salah satunya adalah kesiapan guru dalam menghadapi era digital, yang mana perputaran informasinya berlangsung dengan sangat cepat

Bupati Manggarai Dr. Deno Kamelus, SH., MH., menjadi pemateri pada kegiatan seminar para guru dalam rangka memperingati Hari Pendidikan, Hari Guru Nasional, dan HUT PGRI, bertempat di Aula Dinas Pendidikan Kabupaten Manggarai, Rabu (20/11/2019).

Dalam materinya Bupati membahas tantangan yang dihadapi Guru dalam mendidik ‘tunas bangsa’ di era modern ini. Salah satunya adalah kesiapan guru dalam menghadapi era digital, yang mana perputaran informasinya berlangsung dengan sangat cepat.

Pada kesempatan lain, Bupati juga mengingatkan tentang sistem pengelolaan pendidikan yang saat ini serba elektronik. Apalagi sarana dan prasarana elektronik merupakan salah satu aspek yang dinilai dalam keberlangsungan pemerintahan profesional. Ia menjelaskan, teknologi merupakan salah satu sarana yang dapat mendongkrak aksesibilitas.

Karena itu, menurutnya, guru atau kepala sekolah harus sudah dapat menyesuaikan diri dengan perkembangan teknologi ini. Salah satu hal yang menurutnya perlu diantisipasi adalah terpilihnya Nadiem Makarim sebagai Menteri Pendidikan. Yang mana, ia diketahui punya latar belakang IT. Karena sebelumnya, ia merupakan pendiri salah satu koorporasi berbasis daring terbesar di Indonesia.

“Jangan sampai sebagai pengajar malah ketinggalan dengan kemajuan teknologi sekarang,” tuturnya.

Selain itu, Bupati melanjutkan, pemahaman teknologi ini mejadi salah satu langkah mempertahankan prestasi daerah yang berhasil mendapatkan opini WTP. Hal ini berkaitan dengan kapasitas pengawasan laporan yang menggunakan data elektronik. “Minimal bisa Microsoft Excel ka,” kata Bupati yang disambut tawa para guru.

Untuk diketahui Kabupaten Manggarai mendapat Opini WTP (Wajar Tanpa Pengecualian) dari BPK tahun ini. Kata Bupati, untuk pertama kalinya Manggarai akan memeroleh Dana Insentif Daerah (DID) atas prestasi ini. Tambahnya, syarat peroleh opini ini adalah pelaporan keuangan yang akurat dan kesusaian dengan kinerja dengan kelender kerja daerah. Salah satu persyaratan lain adalah penggunaan e-government. Hal ini mendasari Bupati mengingatkan pentingnya ‘melek’ teknologi. Seminar ini dihadiri oleh 400 peserta yang dihadiri para guru dan beberapa mahasiswa di Manggarai. (YJ)

Tim Humaspro Manggarai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *