Jumlah Pemakai IUD di Manggarai Tertinggi se-NTT, Kebijakan Bupati Dipuji Kepala Perwakilan BKKBN NTT

“Beliau menugaskan OPD dalam pelayanannya, untuk turun ke desa-desa. Dan hal ini baru terjadi di Kabupaten Manggarai saja”

Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi NTT, Marianus Mau Kuru, SE., MPH.

Manggarai menjadi Kabupaten dengan capaian pengguna IUD (Intrauterine Device/alat kontrasepsi spiral) tertinggi di Provinsi Nusa Tenggara Timur. Hal ini disampaikan oleh Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi NTT, Marianus Mau Kuru, SE. MPH., pada kegiatan Advokasi dan KIE (Komunikasi, Informasi dan Edukasi) Program KKBPK (Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga) yang dilaksanakan di Aula Efata, Ruteng pada hari Senin (4/10/2019).

Marianus mengatakan capaian ini terjadi berkat kebijakan Bupati Manggarai, Dr. Deno Kamelus, SH. MH., menugaskan Perangkat Daerah dalam melakukan pelayanan Keluarga Berencana.

“Beliau menugaskan OPD dalam pelayanannya, untuk turun ke desa-desa. Dan hal ini baru terjadi di Kabupaten Manggarai saja,” ucap Marianus, disambut tepuk tangan para hadirin.

Bupati Deno menyambung penyampaian Marianus. Ia mengatakan, metode berkunjung langsung ke Desa sudah diterapkan pada beberapa program pemerintahan. Bahkan, katanya, dalam upaya menangani stunting, Dinas Kesehatan Kabupaten Manggarai melakukan sensus, yakni dengan mengunjungi rumah penduduk satu per satu.

Advokasi dan KIE Program KKBPK

Kegiatan Advokasi dan KIE Program KKBPK digagas dengan tujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman masyarakat, serta untuk mendapatkan dukungan dan komitmen dari pemangku kebijakan, terhadap program ini.

Ketua panitia kegiatan ini, Surya Sryanti Djamaludin, S.Sos., mengatakan keluaran yang diharapkan dari kegiatan ini adalah adanya perubahan sikap dan perilaku masyarakat dalam menerima progran KKBPK. Selain itu, harapnya, ada dukungan dana dari APBDes untuk pendanaan program ini.

Kegiatan siang itu, diikuti oleh 177 orang, yang di antaranya terdiri dari Camat, Lurah dan Kepala Desa se-Kabupaten Manggarai. Turut hadir dalam kegiatan itu, beberapa pimpinan Perangkat Daerah Kabupaten Manggarai. (YJ)

Tim Humaspro Manggarai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *