• 082235607110
Umum
Lantik Pejabat Administrator, Wakil Bupati: Pejabat Eselon III Ibarat Juru Masak Kebijakan

Lantik Pejabat Administrator, Wakil Bupati: Pejabat Eselon III Ibarat Juru Masak Kebijakan

“Jika hal-hal yang dimaksud dapat diramu dengan baik, maka cita rasa manajerial akan sangat baik, fungsi-fungsi manajemen dan administrasi berjalan sebagaimana mestinya, dan terutama, hubungan kerja pimpinan dan staf akan berlangsung harmonis,” Jelas Wakil Bupati Manggarai, Drs. Victor Madur.

Wakil Bupati Manggarai, Drs. Victor Madur melantik 56 orang pejabat eselon 3 di Lingkup Pemerintah Kabupaten Manggarai, bertempat di Aula Ranaka Kantor Bupati Manggarai pada Senin, 3 Januari 2020. Wakil Bupati Victor menyampaikan peran penting para pejabat untuk keberhasilan instansinya masing-masing.

“Sering kita dengar bahwa, Jabatan Eselon III sering diibaratkan sebagai ‘juru masak kebijakan’. Itu berarti, kebijakan di suatu unit organisasi akan ditentukan oleh kemampuan, komitmen, integritas dalam menemukan dan meramu alat-alat kerja serta barang baku yang tepat,” kata Wabup Madur.

Dijelaskannya juga, dalam analogi tersebut alat kerja dan bahan baku yang dimaksud, antara lain: wawasan yang luas, penguasaan data dan informasi, serta etos kerja.

“Jika hal-hal yang dimaksud dapat diramu dengan baik, maka cita rasa manejerial akan sangat baik, fungsi-fungsi manajemen dan administrasi berjalan sebagaimana mestinya, dan terutama, hubungan kerja pimpinan dan staf akan berlangsung harmonis,” tambahnya.

Dalam kesempatan itu Wakil Bupati juga menyampaikan beberapa pesan kepada para pejabat. Petama, ia memberi pesan supaya para pejabat mempertahankan integritas, loyalitas, disiplin dan komitmen terhadap tugas dan tanggung jawabnya masing-masing. Kedua, pesannya, tingkatkan sensitivitas dan sikap responsif terhadap tantangan dan permasalahan baru, baik di dalam maupun di luar unit organisasi.  Ketiga, pupuk semangat personal untuk mewujudkan good governance dan menjauhkan diri dari niat melakukan KKN dalam melaksanakan program dan kegiatan. Keempat, sama seperti hal yang sering disampaikan oleh Presiden Jokowi, dirinya menyampaikan, para pejabat perlu melakukan terobosan dengan mengedepankan kreativitas dan inovasi.

“Kelima, gunakan seluruh sumber daya yang ada secara optimal, sehingga produktivitas maksimal di masing-masing unit kerja dapat tercapai,” tambahnya.

Baca Juga:

Pada kesempatan yang sama, Wakil Bupati juga menyampaikan tugas birokrasi di Manggarai mengingat agenda pembangunan tahun ini yang akan berjalan dengan agenda lainnya, yakni pemilihan Kepala Daerah.  Wakil Bupati tidak menutup kemungkinan bahwa dalam situasi seperti ini akan memberi pengaruh terhadap kualitas kinerja ASN.

“Meski Undang-Undang telah mengatur tentang kerangka sikap ASN dalam politik, yakni harus senantiasa menjaga netralitas, kita mestilah jujur mengakui bahwa hal-hal seperti perbedaan pilihan dan atau sikap politik, bukan tidak mungkin menimbulkan gesekan-gesekan,” katanya. Oleh karena itu, lanjutnya, kemampuan para pejabat terlantik untuk dapat mengelola dan mengendalikan potensi-potensi gesekan sangatlah diharapkan. Lanjutnya, kerangka besar pembangunan daerah yang sudah tertuang dalam RPJMD tidak boleh terganggu oleh agenda politik.

“Laksanakan tugas sebaik-baiknya, setulus-tulusnya, agar berkat berlimpah akan ditimpalkan Tuhan untuk kita semua,” tuturnya.

Pada akhir sambutannya ia menyampaikan profisiat kepada para pejabat. Semoga dalam menjalankan tugasnya, para Pejabat senantiasa diberkati Tuhan.

Dalam acara itu, turut hadir Penjabat Setda Drs. Anglus Angkat, M.Si., Para Pimpinan Perangkat Daerah, keluarga terlantik, dan para jurnalis. (YJ)

Tim Humaspro Manggarai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *