Penguatan Kapasitas Pemerintahan, Pemkab Manggarai Teken MoU dengan LAN

Pemerintah Kabupaten Manggarai merupakan salah satu dari 10 instansi yang menjadi mitra kerja LAN. Kesepuluh instansi pemerintah dan non pemerintah ini melakukan penandatangan Memorandum of Understanding (MoU) dengan LAN di Aula Prof. Dr. Agus Dwiyanto, MPA, Kantor LAN, Jl Veteran No 10, Jakarta, Selasa (10/3).

Penandatanganan MoU dilakukan oleh Bupati Manggarai, Dr. Deno Kamelus, S.H., M.H. Pemerintah Kabupaten Manggarai dan Lembaga Administrasi Negara (LAN), bersepakat untuk melakukan Penguatan Kapasitas Pemerintahan melalui Penyelenggaraan Kegiatan Kajian Kebijakan di Manggarai.

Adapun sembilan instansi lainnya adalah: Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu), Tanoto Foundation, Pemerintah Kota Bukit Tinggi, Pemerintah Kabupaten Seluma, Pemerintah Kabupaten Tangerang, Pemerintah Kabupaten Pandeglang, Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat, Pemerintah Kabupaten Kulon Progo, dan Pemerintah Kabupaten Grobogan.

Kepala LAN Dr. Adi Suryanto, M.Si menyampaikan bahwa dengan semakin meningkatnya kebutuhan masyarakat terhadap pelayanan publik yang baik, maka birokrasi harus responsif terhadap kebutuhan tersebut. Belum lagi masalah internal organisasi yang tak kunjung mengalami perubahan, perilaku pelayanan yang buruk, dan ego sektoral, menambah kompleks permasalahan pelayanan menuju prima. Untuk itu dibutuhkan pendekatan Whole-of-Government (WoG), dengan prinsip kolaborasi dan prinsip satu tujuan sehingga latar dalam pelayanan dapat mengacu asas efektif dan efisien.

Foto : Dok. LAN RI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *