• 082235607110
Umum
Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-91 dan Pesan bagi Generasi Muda ‘Lintas Batas’

Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-91 dan Pesan bagi Generasi Muda ‘Lintas Batas’

“Wahai Pemuda Indonesia, dunia menunggumu, berjuanglah, lahirkanlah ide-ide, tekad dan cita-cita, pengorbanan dan perjuanganmu tidak akan pernah sia-sia dalam mengubah dunia.”

Pembacaan Pidato Hari Sumpah Pemuda oleh Bupati Manggarai, Dr. Deno Kamelus, SH. MH.

Hari Sumpah Pemuda ke-91 kali ini mengusung tema “Bersatu Kita Maju”. Tema yang diambil untuk mengingatkan kembali komitmen yang telah dibangun pada tahun 1928 silam bahwa dengan persatuan, maka cita-cita bangsa dapat terwujud.

Upacara ini dilaksanakan di Lapangan Motang Rua, Ruteng (28/10), dipimpin langsung oleh Bupati Manggarai, Dr. Deno Kamelus, SH. MH sebagai Inspektur Upacara. Dalam upacara ini, Inspektur Upacara membacakan pidato yang disusun oleh Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia, Dr. H. Zainudin Amali, SE, M.Si.

“Tema Bersatu Kita Maju sesungguhnya diperuntukan untuk seluruh elemen bangsa, tetapi bagi pemuda menjadi keharusan karena di tangan pemuda lah Indonesia bisa lebih maju. Pemuda untuk Indonesia maju adalah pemuda yang memiliki karakter, kapasitas, kemampuan inovasi, kreativitas yang tinggi, mandiri, inspiratif serta mampu bertahan dan unggul dalam menghadapi persaingan dunia,” tutur Inspektur Upacara.

Ia menambahkan, dengan canggihnya ilmu pengetahuan dan teknologi serta akses media sosial, membuat para pemuda bisa berinteraksi real time 24 jam lintas Negara, lintas agama dan lintas budaya. Pemuda diharapkan dapat bersaing secara positif dalam hal apapun. Harapan besar di masa yang akan datang akan banyak muncul tokoh-tokoh muda baru yang mendunia.

“Wahai Pemuda Indonesia, dunia menunggumu, berjuanglah, lahirkanlah ide-ide, tekad dan cita-cita, pengorbanan dan perjuanganmu tidak akan pernah sia-sia dalam mengubah dunia,” ucapnya lantang saat membacakan pidato tersebut.

Pasukan Pembaca Teks Keputusan Kongres Pemuda Indonesia 1928

Dalam upacara ini juga dibacakan Teks Keputusan Kongres Pemuda Indonesia 1928 untuk mengenang peristiwa monumental yang tercatat dalam sejarah perjuangan dalam mempersatukan Indonesia.

Atraksi dan Pertunjukan

Drum Band SMK Aloysius Ruteng
Tari Persatuan dari Siswa SD se-Kecamatan Langke Rembong

Setelah upacara selesai dilaksanakan, para pelajar menyuguhkan atraksi dan pertujukan untuk menghibur tamu undangan. Suguhan acara ini dibawakan oleh Pelajar SMK Aloysius Ruteng dan siswa Sekolah Dasar se-Kecamatan Langke Rembong. SMK Aloysius membawakan atraksi drum band, sementara para siswa sekolah dasar membawakan tarian persatuan yang terdiri dari berbagai macam tari-tarian yang ada di Indonesia.

Turut hadir dalam acara ini Pimpinan dan Anggota DPRD Kabupaten Manggarai, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kabupaten Manggarai, Penjabat Sekretaris Daerah Kabupaten Manggarai, Para Staf Ahli Bupati, Para Asisten Sekda, Pimpinan Perangkat Daerah, Pimpinan BUMN, Pimpinan BUMD, Camat Langke Rembong, Lurah se-Kecamatan Langke Rembong, dan para undangan. (YJ)

Tim Humaspro Manggarai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *