RSPD Wajib Memberitakan Upaya Pencegahan Penyebaran dan Penanganan Corona Secara Benar

Himbauan dan instruksi, mulai dari Pusat, dari Gubernur dan Bupati (Manggarai) itu disampaikan berulang-ulang. Supaya masyarakat paham. Jangan sampai ada hoax.

Sekda Manggarai, Drs. Jahang Fansi Aldus

RSPD Suara Manggarai kembali mengudara. Masyarakat kini bisa memantau informasi-informasi terkait upaya pencegahan penyebaran serta penanganan Virus Corona (Covid 19) di Kabupaten Manggarai melalui 90,4 FM.

Hari ini, Selasa, 24 Maret 2020, Sekretaris Daerah Kabupaten Manggarai, Drs. Jahang Fansi Aldus, menindaklanjuti instruksi dan himbauan Bupati Manggarai terkait sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat dalam rangka mengantisipasi dan menghadapi pandemik ini, meminta agar Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Manggarai benar-benar menata programa siaran di RSPD agar masyarakat mendapat informasi yang benar dan tepat.

Bertempat di Studio RSPD Suara Manggarai, Sekda Jahang Fansi Aldus kepada kru RSPD Suara Manggarai juga mengingatkan tentang pentingnya membagi informasi yang benar dari sumber yang terpercaya. “Himbauan dan instruksi, mulai dari Pusat, dari Gubernur dan Bupati (Manggarai) itu disampaikan berulang-ulang. Supaya masyarakat paham. Jangan sampai ada hoax,” tuturnya.

Sebagaimana diketahui, selain informasi-informasi resmi dari sumber-sumber terpercaya, masyarakat saat ini juga berhadapan dengan membanjirnya hoax. Salah satunya adalah informasi tentang ditutupnya aktivitas ekonomi di Pasar Inpres Ruteng. Informasi tersebut adalah hoax karena sampai saat ini tidak ada instruksi yang berhubungan dengan penutupan pasar. Yang selalu disampaikan adalah anjuran/himbauan agar masyarakat mematuhi protokol kesehatan seperti mengindari kerumunan, menjaga jarak fisik (sering disebut social distancing), dan tetap tinggal di rumah jika tidak ada keperluan mendesak di luar rumah.

Hari ini, aktivitas jual beli di Pasar Inpres Ruteng tetap berlangsung (sebagaimana terlihat dalam foto ini) meski suasana cenderung sepi karena meningkatnya kesadaran masyarakat dalam mematuhi himbauan terkait social distancing. Sehari sebelumnya, Bupati Manggarai, Dr. Deno Kamelus, S.H., M.H. ketika memantau upaya pencegahan penyebaran dan penanganan virus ini di beberapa lokasi mengingatkan masyarakat agar sama-sama berjuang menghadapi virus ini dengan cara mematuhi instruksi dan himbauan yang dikeluarkan pemerintah. (*)

Tim Protokol Manggarai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *