• 082235607110
Kunjungan Kerja
Wakil Bupati Victor: Filosofi Dana Desa untuk Menekan Angka Kemiskinan dan Pengangguran

Wakil Bupati Victor: Filosofi Dana Desa untuk Menekan Angka Kemiskinan dan Pengangguran

“Filosofi dimaksud untuk menekan angka kemiskinan dan pengangguran, supaya tidak mencari kerja di luar desa. Tapi, masih banyak masyarakat kita mencari kerja di luar Manggarai, di luar Provinsi NTT. Ke Papua kah, Kalimantan, Malaysia.”

Wakil Bupati Manggarai, Drs. Victor Madur dalam acara pelantikan pengurus Apdesi

Wakil Bupati Manggarai, Drs. Victor Madur menyampaikan asas penggunaan dana desa, yakni untuk menekan angka kemiskinan dan pengangguran di pedesaan. Namun, melihat masih banyaknya masyarakat yang merantau ke luar daerah membuat dirinya merasa bahwa pemanfaatan dana desa belum cukup optimal dalam menciptakan lapangan kerja untuk masyarakat desa. Hal ini disampaikannya pada acara pelantikan pengurus Apdesi Kabupaten Manggarai, bertempat di Aula Efata, Ruteng pada Selasa (18/12).

 “Filosofi dimaksud untuk menekan angka kemiskinan dan pengangguran, supaya tidak mencari kerja di luar desa. Tapi, masih banyak masyarakat kita mencari kerja di luar Manggarai, di luar Provinsi NTT. Ke Papua kah, Kalimantan, Malaysia,” ungkap Wakil Bupati Manggarai.

Karena itu, pada kesempatan itu juga ia memberi pesan kepada kepala desa dan pengurus Apdesi yang hadir, untuk mulai berpikir inovatif dan kreatif dalam mengelola dana desa dan melibatkan masyarakat dalam kerja-kerja pembangunan di Desa.

Baca juga:

“Agar betul-betul para pemimpin dan pengurus dapat menyejahterakan desa di Manggarai,” tegasnya.

Dilansir dari website DJPK Kemenkeu Penggunaan Dana Desa diprioritaskan untuk membiayai pembangunan dan pemberdayaan masyarakat yang ditujukan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa, peningkatan kualitas hidup manusia serta penanggulangan kemiskinan dan dituangkan dalam Rencana Kerja Pemerintah Desa.

Lebih lanjut, dijelaskan bahwa pelaksanaan kegiatan yang dibiayai dari Dana Desa diutamakan dilakukan secara swakelola dengan menggunakan sumber daya/bahan baku lokal, dan diupayakan dengan lebih banyak menyerap tenaga kerja dari masyarakat Desa setempat.

Secara khusus, kepada pengurus Apdesi yang baru, Wabup Victor Madur mengatakan: ”Harus bisa membawa organisasi ini, asosiasi pemerintah desa Kabupaten Manggarai menuju kesejahteraan dan kemakmuran kita bersama.”

Dalam acara tersebut, hadir juga Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Apdesi, Dr. H. Sindawa Tarang, S.H., M.M., M.H., yang hadir untuk melantik pengurus Apdesi cabang Manggarai yang akan bertugas sampai tahun 2023.

Pada akhir sambutannya, Wakil Bupati menitipkan ucapan selamat natal kepada para hadirin yang mengikuti acara tersebut.

“Bapak ibu sekalian, kita menyongosng Natal dan Tahun Baru. Saya atas nama pribadi dan keluarga mengucapkan selamat Natal 2019 dan Tahun Baru 2020. Kiranya dengan suasana sukacita kita bisa merayakan natal dan tahun baru ini dengan sederhana.”

Apdesi merupakan singkatan dari Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia,yang  adalah organisasi profesi independen berbentuk kesatuan dengan ruang lingkup nasional.  Apdesi didirikan pada tahun 2005, beranggotakan Kepala Desa dan Perangkat Desa baik yang Aktif maupun yang Purna Bakti. (YJ)

Tim Humaspro Manggarai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *